Atasi Pengangguran, Bupati Serang Himbau Industri Adakan Pelatihan

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menegaskan, agar pelaku industri yang berada di Kabupaten Serang memberikan pelatihan untuk meningkatkan skill masyarakat Kabupaten Serang. Hal itu, sebagai upaya Pemkab Serang mengentaskan pengangguran dengan peningkatan skill yang diladakan oleh pihak industri.

Tatu menjelaskan, Kabupaten Serang memiliki kawasan indurstri dan pariwisata yang berpeluang meningkatkan ekonomi masyarakat. Akan menjadi sumber ekonomi sesuai untuk kesejahteraan warga sekitar. “Karena untuk bekerja di industry atau perhotelan membutuhkan skill tertentu dan proses peningkatan skill oleh pihak beberapa industry sedang berjalan,” ungkap Tatu setelah meresmikan Hotel swiss-bellin di Kawasan Industri Cikande, Kamis (27/09/2018). Turut hadir, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Serang Fahmi Hakim, dan beberapa kepala OPD Kabupaten Serang.

Ia juga meyakini, keberadaan hotel kawasan modern Cikande mampu mengurangi pengangguran melalui lapangan kerja yang disediakan untuk masyarakat Serang timur. ”Hotel ini juga akan berkontribusi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Serang melalui perpajakan, retribusi hotel, dan restoran, ” tuturnya.

Selain itu, Tatu meminta, batik khas Serang bisa digunakan satu minggu sekali sebagai upaya perusahaan promosikan produk UMKM Kabupaten Serang.” Kami minta, sediakan etalase untuk oleh-oleh produk asli UMKM Kabupaten Serang dan pegawai hotel agar mengunakan batik asli kabupaten serang minimal seminggu sekali,”. Imbuhnya.

Sementara itu, Managing Direktur PT Modern Asia Hotel, Regen Honoris mengatakan, hotel tersebut akan mengioptimalkan penyerapan pekerja lokal warga Kabupaten Serang. “ dengan catatatan harus lolos beberapa standar yang ditentukan oleh operator dan calon pekerja juga mengikuti training yang ditetapkan perusahaan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, Kawasan modern akan terus berkontribusi untuk Pemkab Serang dengan memberikan fasilitas yang dibutuhkan oleh warga sekitar. “Kedepan, kita tentu akan berupaya untuk melengkapi semua fasilitas dibutuhkan seperti pembangunan fasilitas kesehatan atau rumah sakit disini,” katanya.

Diketahui, Hotel tersebut merupakan hotel pertama bintang 3 yang bertaraf internasional di Kabupaten Serang.

Share