Ini Penyebab Ban Motor Oleng saat Dipakai

SERANGPOS.COM – Ban motor oleng menjadi salah satu masalah yang ditemui pengendara motor selain bocor atau kurang angin. Apa sih penyebab ban motor bisa oleng?

Sebagai pemilik sepeda motor kamu tentu wajib merawat seluruh komponennya, ban tentu jadi salah satunya. Jangan sampai, saat kamu menggunakan motor tiba-tiba ban terasa oleng sehingga terasa tidak nyaman dan bahkan bisa membahayakan.

Saat berkendara ban terasa oleng dan tidak stabil, bisa jadi ini merupakan salah satu tanda adanya kerusakan.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan ban motor terasa oleng saat dipakai. Apabila kamu tak segera mengecek dan membawanya ke bengkel, hal ini tentu sangat membahayakan karena berisiko menimbulkan kecelakaan.

Dilansir dari detik.com, ini penyebab dan cara mengatasi ban motor oleng bisa dilihat di bawah ini:

1. Ban Motor Dipasang Tidak Rata

Faktor ini disebabkan ketika memasang ban motor kondisi velg-nya tidak sejajar. Perlu diingat, memasang ban motor secara asal-asalan tanpa perhitungan dapat menyebabkan ban motor oleng saat berkendara. Tentu hal ini bisa membahayakan keselamatan kamu selama di perjalanan.

Apabila belakangan ini kamu baru saja mengganti ban dan tiba-tiba terasa oleng, sebaiknya kamu segera balik ke bengkel dan coba pasang kembali ban hingga tepat.

2. Kondisi Velg Sudah Tidak Rata

Penyebab selanjutnya ban motor terasa oleng dapat dipengaruhi oleh kondisi velg. Apabila velg motor ditemukan sudah dalam kondisi bengkok, retak, hingga tidak rata, maka bisa dipastikan hal itu yang menyebabkan ban motor terasa oleng.

Jika kerusakan di bagian velg masih ringan, kamu bisa membawanya ke bengkel khusus velg dan dilakukan perbaikan. Namun jika terlihat sudah rusak berat, sebaiknya kamu mengganti velg dengan yang baru.

3. Tekanan Shockbreaker Tidak Seimbang

Penyebab ban motor terasa oleng saat dikendarai bisa jadi karena shockbreaker pada sepeda motor kamu mulai tidak seimbang. Hal ini sangat berpengaruh ketika kamu tengah berkendara di jalan raya atau saat melakukan pengereman.

4. Tekanan Angin pada Ban

Selain itu, tekanan angin pada ban motor juga dapat menyebabkan motor terasa oleng saat berkendara. Bisa jadi penyebabnya karena tekanan angin terlalu rendah atau tinggi. Maka dari itu, kamu harus memastikan tekanan ban motor selalu pas.

5. Motor Pernah Jatuh atau Tabrakan

Penyebab terakhir ban motor terasa oleng karena sepeda motor pernah jatuh atau mengalami tabrakan. Bisa jadi setelah tabrakan, kondisi sasis pada motor mengalami kerusakan cukup parah.

Kondisi tersebut dapat memicu ban depan dan belakang menjadi tidak rata tengah. Alhasil, hal ini menyebabkan ban motor terasa oleng saat dikendarai di jalan raya.

Share