Luar Biasa! Inilah Manfaat Membaca Surat Yasin Setiap Hari

Manfaat membaca surat yasin sangat banyak dalam kehidupan kita, khususnya bagi Muslim. Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk selalu membaca surat yasin bahkan setiap hari.

Surat Yasin adalah surat yang diturunkan pada periode pertengahan di Mekah, sebelum Rasulullah SAW hijrah ke madinah. Surat Yasin termasuk dalam golongan surat Makkiyah.

Dalam asbabun nuzul, Surat Yasin diturunkan turun setelah surat Jin (surat ke- 72) atau sekitar 619 M, terdiri dari 83 ayat dengan 729 kalimat dan 3000 huruf.

Surat Yasin menjadi salah satu surat yang banyak dibaca oleh masyarakat muslim Indonesia sebab sudah menjadi tradisi sebagai bacaan pada malam Jumat.

Manfaat membaca Surat Yasin sangat banyak, karena surat ini mengandung makna – makna tentang akidah, keimanan, kehidupan akhirat dan lain – lainnya. Oleh sebab beberapa riwayat menganjurkan untuk membaca Surat Yasin setiap hari

Melansir dari digilib.uinsbt.ac.id, bahkan Rasulullah SAW bersabda kepada umatnya, untuk menghafal dan membacakannya bagi orang yang sedang mengalami proses kematian dan juga terhadap orang yang mati.

Surat Yasin juga banyak dianjurkan untuk dibaca setiap hari. Lantas apa saja manfaat membaca surat Yasin setiap hari?.

Sebagaimana diketahui bersama, Surat Yasin memuat 3 hal pokok, yaitu keimanan kepada hari kebangkitan, kisah penduduk desa, dan dalil-dalil yang menunjukkan bahwa Allah itu Esa.

Selain itu, surat ini juga mengungkapkan tentang surga dan sifatnya yang disediakan bagi orang mukmin. Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika dibaca di sore hari maka dapat gembira sampai pagi.

Share