Disdik Kabupaten Bekasi Imbau Kegiatan Luar Sekolah Bernilai Edukasi

SERANGPOS.COM – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mengimbau seluruh kepala sekolah untuk memanfaatkan kegiatan luar sekolah (outing class) untuk tujuan edukasi, bukan sekadar rekreasi. Imbauan ini bertujuan meningkatkan perkembangan dan pembelajaran anak didik.

“Mohon untuk dipertimbangkan kembali bahwasanya outing class atau studi tur bukan sebagai kegiatan tamasya atau wisata, melainkan diarahkan pada kegiatan bernilai edukasi,” ujar Kepala Disdik Kabupaten Bekasi Imam Faturochman di Cikarang, Rabu.

Imbauan tersebut muncul menyusul kecelakaan maut Bus Trans Putera Fajar yang mengangkut rombongan pelajar SMK Lingga Kencana, Depok, di Kawasan Ciater, Kabupaten Subang, akhir pekan lalu. Imam menyampaikan belasungkawa atas peristiwa tersebut dan berharap agar kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak.

Disdik Kabupaten Bekasi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: HM.04.01/1437/Disdik/V/2024 tentang pelaksanaan pembelajaran di luar sekolah dan sudah diedarkan kepada seluruh sekolah dari berbagai jenjang.

Isi edaran tersebut mengarahkan kegiatan luar sekolah ke tempat-tempat dengan nilai edukasi tinggi seperti pusat ilmu pengetahuan, pusat kebudayaan, dan destinasi wisata edukatif lokal, termasuk wisata industri. Kegiatan ini diharapkan tidak hanya memberikan nilai edukatif, tetapi juga dampak positif bagi ekonomi masyarakat setempat.

Disdik Kabupaten Bekasi juga mengimbau sekolah yang telah mengagendakan kegiatan luar sekolah untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi terkait aspek kelayakan teknis kendaraan, kesiapan awak kendaraan, dan keamanan jalur yang akan dilalui.

“Pihak sekolah kami minta agar dapat mempertimbangkan asas kemanfaatan dan keamanan saat melaksanakan kegiatan studi tur,” pungkasnya.

Share