Cara Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil

SERANGPOS.COM – Merawat mobil tak hanya soal performa dan penampilan luarnya saja, namun pada bagian interior harus dijaga kebersihannya dan tetap wangi. Tentu, kamu tidak ingin memiliki sebuah mobil yang bagus dari luarnya saja tapi di dalamnya tercium aroma yang tak sedap.

Bau yang terlihat di hidung tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal. Semisal, karpet mobil yang basah karena ketumpahan air atau bagian jok mobil yang sudah lama tidak pernah menyenangkan.

Maka dari itu, penting bagi kamu yang sudah memiliki mobil untuk menjaga kebersihan bagian interior. Selain memberikan kenyamanan, kamu juga akan tenang dan bahagia saat berkendara di jalan.

Jika bau tersebut tiba-tiba muncul, kamu tidak perlu panik. Berikut ini sejumlah tips sederhana dalam menghilangkan bau di mobil, seperti dilansir detikcom.

1. Penyedot Debu

Cara pertama dalam menghilangkan bau tak sedap ini bisa menggunakan vacuum cleaner. Alat ini dapat menyedot kotoran atau debu yang menempel di karpet atau jok mobil.

Vacuum Cleaner cukup ampuh dalam menghilangkan sejumlah kotoran seperti sisa makanan, sisa debu rokok, hingga pasir yang menempel di karpet mobil.

2. Sabun, Sikat, dan Air

Jika jumlah bagian interior mobil ketumpahan benda cair yang menyebabkan bau tak sedap, kamu bisa menggunakan sabun, sikat, serta air untuk membersihkannya.

juga cairan apa yang tumpah, jika merupakan air bersih kamu hanya perlu mengingatkannya dengan tisu. Namun jika cairan tersebut seperti susu, teh, hingga makanan yang berkuah, sebaiknya segera dibersihkan dengan sabun agar aromanya tidak menempel.

3. Bubuk Kopi

Cara mudah yang bisa kamu gunakan dalam menghilangkan bau tak sedap di dalam mobil adalah dengan memanfaatkan bubuk kopi. Soalnya, bubuk kopi dapat menetralisir aroma menyengat yang sulit hilang.

4. Jemur di Bawah Sinar Matahari

Jika interior mobil kamu sudah beberapa kali dibersihkan namun tetap mengeluarkan aroma kurang sedap, sebaiknya mobil kamu dijemur di bawah sinar matahari yang terik.

Sengatan panas matahari ternyata dapat membantu menghilangkan penyebab bau-bau tak sedap. Ada baiknya, setelah membersihkan bagian interior, mobil bisa dijemur sesaat di bawah matahari.

Sebisa mungkin kamu juga mengeluarkan karpet mobil untuk dijemur, cara ini dilakukan agar menghilangkan aroma yang tak sedap.

5. Pengharum Beraroma Lembut

Setelah mengusir bau tak sedap di mobil, kamu bisa menggunakan pengharum yang dijual di sejumlah toko. Fungsinya sudah jelas, untuk menghadirkan aroma yang wangi di kabin mobil.

Secara tidak langsung, interior mobil yang wangi membuat pengemudi dapat nyaman berkendara sepanjang perjalanan. Selain itu, perasaan menjadi senang dan tenang sehingga dapat meningkatkan konsentrasi. *

Share