Bisa Turunkan Berat Badan, Inilah 5 Manfaat Beras Merah untuk Diet

Beras merah merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung rendah karbohidrat dan kerap menjadi pengganti nasi putih ketika menjalani diet. Dikutip dari Times of India seseorang yang sedang melakukan program diet memang harus mengonsumsi makanan rendah karbohidrat.

Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki lebih banyak nutrisi.

Satu cangkir beras merah mengandung:
Kalori: 216
Karbohidrat: 44 gram
Serat: 3,5 gram
Lemak: 1,8 gram
Protein: 5 gram

Selain itu, beras merah mengandung mineral yang sedikit sebagai proses penting dalam tubuh, seperti perkembangan tulang, penyembuhan luka, metabolisme kontraksi otot, fungsi saraf, dan pengaturan gula darah.

Beras merah adalah biji-bijian super yang dikemas dengan komponen sehat tingkat tinggi. Manfaat kesehatan dari beras merah dikaitkan dengan kandungan nutrisi yang tinggi, yang terbukti membantu melawan beberapa kondisi seperti obesitas, diabetes, pencernaan, dan masalah jantung.

Dikutip dari detik.com, berikut rincian 5 manfaat beras merah yang penting diketahui:

1. Kaya Serat
Makanan dengan kaya serat sangat penting untuk sistem pencernaan. Beras merah salah satu makanan yang mengandung banyak serat.

Tidak hanya mudah dicerna, beras merah juga bikin kenyang. Sehingga dapat menyeimbangkan berat badan.

2. Memiliki selenium yang tinggi
Selenium merupakan kandungan mineral yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan ini juga dapat membantu kamu dalam menurunkan risiko sejumlah penyakit seperti flu dan pilek.

Bagi yang sedang menjalani program diet dengan mengkonsumsi beras merah maka akan membantu menurunkan berat badan secara sehat.

3. Membantu menurunkan obesitas
Beras merah adalah salah satu makanan yang terbukti berperan dalam pengendalian berat badan bagi banyak orang yang sedang melawan obesitas.

Sebuah penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa biji-bijian seperti beras merah memiliki efek positif pada tubuh mengenai penurunan indeks massa tubuh dan lemak.

Selain itu dapat meningkatkan aktivitas glutathione peroxidase, enzim antioksidan yang terkait dengan peningkatan kadar kolesterol HDL (baik) pada seseorang yang gemuk.

4. Anti inflamasi
Beras merah termasuk memiliki sifat anti-inflamasi serta kaya dengan antioksidan. Dengan kandungan ini dapat membantu mengatasi beberapa penyakit seperti asma dan radang sendi.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beras merah juga dapat menurunkan faktor risiko tertentu seperti kardiovaskular, lingkar pinggang dan pinggul, dan penurunan berat badan.

5. Membantu tetap energik
Meskipun sedang menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi beras merah seseorang tetap berenergi dalam durasi yang cukup lama.

Hal ini karena beras merah memiliki kandungan protein dan karbohidrat sehingga dapat mengubah nutrisi makro menjadi energi.

Share
Exit mobile version