Ini Gejala Corona pada Orang yang Sudah Divaksinasi

SERANGPOS.COM – Vaksinasi tidak membuat seseorang kebal infeksi virus Corona 100 persen. Orang yang sudah divaksinasi tetap bisa terjangkit Covid-19, namun gejalanya lebih ringan.

Meski gejala ringan, terinfeksi virus Corona tetap tidak mengenakkan. Jadi sebaiknya tetap waspada.

Dikutip dari The Mirror, Selasa (17/8/2021) para ahli di Inggris memperingatkan agar orang-orang yang sudah mendapatkan dua dosis suntikan vaksin mewaspadai 21 gejala terinfeksi virus Corona.
Melalui aplikasi ZOE Covid-19 Symptom Study seperti dilansir detikcom, para peneliti mencari tahu tanda dan gejala yang dialami pasien COVID-19 yang sudah divaksinasi secara penuh.

Pengguna melaporkan gejala apa saja yang mereka alami lewat aplikasi ZOE, sehingga para ilmuwan dapat melacak gejala yang paling umum. Profesor Tim Spector yang memimpin studi ini menyebutkan, mengatakan sebagian besar gejala tidak ada dalam daftar resmi layanan kesehatan resmi Inggris National Health Service (NHS).

Daftar gejala resmi yang tertera di NHS COVID Inggris di antaranya hanya menyebutkan demam, batuk, dan kehilangan indra perasa atau penciuman (anosmia).

Berikut ini daftar 21 gejala COVID-19 pada orang yang sudah divaksinasi secara penuh:

Suhu tinggi
Menggigil
Batuk terus menerus
Kehilangan kemampuan membau atau perubahan bau
Kehilangan selera makan atau mengalami perubahan selera makan
Sakit kepala
Kelelahan yang tidak biasa
Sakit tenggorokan
Mengalami kebingungan secara tiba-tiba
Ruam pada kulit
Perubahan pada mulut atau lidah
Jari tangan atau kaki merah dan sakit
Sesak napas
Nyeri dada
Nyeri otot
Suara serak
Diare
Melewatkan makan
Sakit perut
Pilek
Bersin.

Menurut organisasi kesehatan dunia WHO, munculnya fenomena ini bukan berati vaksin Corona tidak bekerja dengan baik. Vaksin tetap berguna karena menjadi perlindungan tambahan pada sistem kekebalan tubuh kita.

Berdasarkan laporan dari studi ini, banyak orang yang sudah divaksin cenderung hanya mengalami gejala ringan bahkan ada juga yang tidak mengalami gejala ketika terinfeksi Covid-19. (mg1)

Share
Exit mobile version