3 Nutrisi dalam Gurihnya Olahan Santan Yang Jarang Terlihat

SERANGPOS.COM – Waktu di rumah saja selama pandemi bisa Anda manfaatkan untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat. Misalnya saja dengan membuat kreasi makanan untuk diri sendiri maupun orang tersayang.

Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang tersedia dan mudah ditemukan, salah satunya santan. Santan cocok dijadikan pelengkap berbagai macam olahan, mulai dari yang manis sampai gurih lezat.

Tak hanya membuat cita rasa makanan semakin enak, ternyata santan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, lho. Bahkan, santan bisa membantu menurunkan berat badan serta memperkuat sistem imun. Melansir dari beragam sumber, ini dia kandungan gizi yang terdapat di dalam santan, seperti dilansir detikcom.

Rendah Beban Glikemik

Meskipun santan termasuk jenis bahan yang memiliki indeks glikemik tinggi. Namun, ternyata beban glikemiknya hanya sekitar 4,81. Dikutip dari Food struct, angka ini tergolong rendah. Rendahnya beban glikemik berarti kenaikan kadar gula darah karena santan akan berlangsung sangat lambat. Sehingga tidak begitu berbahaya bagi penderita diabetes.

Asam Laurat

Banyak orang takut mengonsumsi santan mempertimbangkan kandungan lemak yang jenuh di dalamnya. Padahal, jenis lemak jenuh yang terdapat pada santan tergolong spesial karena dinilai lebih sehat seperti dikutip dari Livestrong.

Lemak sehat ini sering disebut medium-chain triglycerides (MCTs). Salah satunya yaitu asam laurat. Kandungan asam laurat ini berguna sebagai antivirus, antibakteri, antimikroba, serta antijamur.

Kaya Akan Mineral

Santan juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral. ikuti konsumsi santan dapat memenuhi 22% kebutuhan zat besi harian. Selain itu, santan juga mengonsumsi 1 cangkir santan juga dapat memenuhi 110% asupan mangan harian yang disarankan.

Mengutip Livestrong mangan merupakan mineral yang berperan penting pada proses yang terjadi di tubuh, seperti metabolisme, pembentukan tulang, serta penyembuhan luka. Sementara itu zat berfungsi dalam pembentukan hemoglobin, yakni senyawa yang membawa oksigen dalam sel darah merah. (mg1)

Share
Exit mobile version