Harga Bitcoin Terus Meroket Hingga Rp 863 Juta

SERANGPOS.COM – Harga mata uang digital, Bitcoin terus meroket. Mata uang kripto itu melampaui US$ 60.000 setara Rp 863 juta (kurs Rp 14.384) pada Sabtu lalu. Bitcoin hanya butuh beberapa pekan untuk melonjak dari harga US$ 50.000

Mengutip dari CNN, Senin (15/3/2021) sebelumnya, pada Januari lalu Bitcoin menembus ke level US$ 30.000 dan US$ 40.000, kenaikan itu hanya dihitung dalam hitungan jari. Kini, Bitcoin yang beredar bernilai lebih dari US$ 1 triliun.

Dikutip dari detikcom, sepanjang tahun ini harga Bitcoin meningkat 107% dari harga akhir tahun lalu US$ 28.987,60. Kenaikan juga didorong oleh investasi dari Elon Musk yang membeli US$ 1,5 miliar bitcoin. Bahkan, Musk juga berencana untuk mengizinkan pembelian mobil listrik Tesla dengan bitcoin.

Itu memicu perusahaan besar lain segera menambahkan bitcoin atau cryptocurrency lain ke neraca mereka, karena mata uang tersebut menghasilkan pengembalian yang jauh lebih tinggi daripada obligasi dan uang tunai.

Perusahaan lain itu salah satunya, perusahaan perangkat lunak MicroStrategy (MSTR) telah secara aktif membeli bitcoin. Selain itu, raksasa pembayaran Square (SQ) dan PayPal (PYPL) membiarkan pengguna mereka membeli dan menjualnya. Raksasa pemrosesan kartu kredit Visa (V) dan Mastercard (MA) juga merangkul cryptocurrency.

Bulls Bitcoin berpendapat bahwa cryptocurrency seperti emas digital bahkan dapat menggantikan logam kuning sebagai penawar inflasi pilihan. Untuk itu, bitcoin telah melonjak tahun ini sementara emas turun.

Bitcoin mendapat keuntungan dari pengakuan investor bahwa cryptocurrency lebih langka daripada emas atau logam mulia lainnya. Itu karena hanya ada 21 juta bitcoin yang dibangun ke dalam kode sumber cryptocurrency yang tersedia untuk ditambang melalui proses menggunakan komputer atau server untuk memecahkan masalah matematika yang rumit untuk menghasilkan bitcoin.

Kini sekitar 18,6 juta bitcoin yang telah beredar. Bitcoin bukan satu-satunya mata uang kripto yang mendapat dorongan. Mata uang digital yang lebih kecil seperti ethereum, litecoin, dan stellar telah melonjak pada 2021.

Optimisme tentang cryptocurrency telah meningkatkan saham perusahaan pertambangan kripto yang diperdagangkan secara publik seperti Riot Blockchain (RIOT), Marathon Patent Group (MARA) dan Hive (HVBTF). (mg1)

Share