5 Museum di Jakarta yang Asyik dan Menarik Buat Akhir Pekan

SERANGPOS-Selain memiliki objek peninggalan sejarah, tempat dan bangunannya yang instagramable juga menjadi daya tarik dari museum-museum di Jakarta berikut ini:

1. Museum Nasional.
Museum Nasional atau museum Gajah terletak di Jalan Medan Merdeka Barat No. 12 Gambir, Jakarta Pusat. Museum ini memiliki berbagai macam koleksi arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Berdiri sejak tahun 1800 an, museum ini memiliki arsitektur bergaya klasik Eropa yang kental.
Ruang pameran di Museum Nasional terbagi menjadi 2 yaitu Gedung Gajah dan Gedung Arca. Kedua gedung ini memiliki gaya yang berbeda. Gedung Gajah masih mempertahankan sistem pengaturan saat zaman kolonial, sedangkan Gedung Arca memiliki susunan tematik yang merepresentasikan seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia. Harga tiketnya mulai dari Rp 5.000.

2. Salihara
Galeri seni yang berdiri sejak 8 Agustus 2008 ini diprakarsai oleh sejumlah sastrawan, perupa, jurnalis, dan peminat seni. Salihara terletak di Jalan Salihara 16 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Selain menjadi tempat pertunjukan seni dan teater, Salihara sering mengadakan kegiatan menarik. Salah satunya adalah Festival Salihara yang berisi berbagai pertunjukan tari, teater, dan musik.

Selain acara yang menarik, Galeri ini juga memiliki bangunan yang aesthetic dan instagramable dengan konsep industrial. Jika tidak ada pameran khusus yang sedang diselenggarakan, Anda tidak perlu membayar untuk memasuki kawasan Galeri Salihara.

3.Art 1 Museum
Art 1 Museum and Art space terletak di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3 Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Museum ini terbagi menjadi dua, yaitu New Museum yang berisi karya-karya seniman kawakan Indonesia berupa instalasi, lukisan, hingga patung.
Sementara itu, Art Space menampilkan karya dari seniman muda Indonesia. Selain lukisan, Anda juga bisa menemukan instalasi seni, art video , hingga karya fotografi di Art Space.
Di Bagian luar museum, Anda akan disambut dengan instalasi seni outdoor berwarna merah yang bisa dijadikan spot foto untuk feed instagram Anda. Harga tiket dari museum ini adalah Rp 75.000.

4. Museum MACAN
The Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara atau Museum MACAN adalah museum seni yang berada di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat tepatnya di AKR Tower Level M Jalan Panjang No. 5. Sempat viral di tahun 2018-2019, kini museum MACAN pun masih layak untuk dikunjungi. Salah satu instalasi unggulan dari museum ini adalah infinity room karya Yayoi Kusama yang dipenuhi dengan lampu warna-warni.

Instalasi seni di museum MACAN selalu berganti-ganti, dan tentunya selalu menuai decak kagum. Meskipun tutup sementara selama pandemi, museum MACAN masih menjadi tempat favorit para penikmat seni.

5. MOJA Museum
Museum ini terletak di Zona 8 Stadion Gelora Bung Karno Jakarta Pusat. Museum Of Jakarta (MoJa) merupakan salah satu galeri instalasi seni yang mengusung konsep berbeda dari museum lainnya. Di sini Anda diperbolehkan untuk menyentuh, bahkan mewarnai instalasi yang sedang dipamerkan.

Museum di Jakarta ini mengangkat budaya pop sebagai salah satu inspirasi instalasinya, MoJa memiliki 14 ruangan dengan tema berbeda dan tentunya sangat menarik untuk kamu unggah di instagram. Jam operasional dari museum ini terbagi menjadi 3 kloter dengan harga tiket mulai dari Rp 110.000 per orang.(detik.com)

Share
Exit mobile version