Deretan Aplikasi Android Ini Bisa Bikin Kacau Mobile Banking

SERANGPOS.COM – Salah satu temuan Check Point Research (CPR) menunjukkan ada Dropper baru yang menyebar melalui Google Play Store. Ini artinya para pengguna ponsel bersistem operasi android harus berhati-hati.

Apalagi aplikasi ini disebut-sebut bisa mengganggu sistem keamanan ponsel itu. Pengecoh aplikasi ini bernama Clast82 yang bisa melakukan pencurian data jarak jauh.

“Malware ini bisa mengganggu sistem ponsel dengan memasukkan kode berbahaya ke dalam aplikasi keuangan (mobile banking),” tulis Check Point Research, seperti dikutip dari detikcom Senin (15/3/2021).

Nantinya, dari aplikasi tersebut ponsel akan dikuasai dan mereka akan mengambil alih perangkat alias membajak ponsel.

Check Point Research juga menyebutkan ada sejumlah keanehan dalam aplikasi-aplikasi yang dicurigai. Misalnya email yang digunakan oleh pengembang merupakan alamat yang sama seperti sbarkas77590@gmail.com. Kemudian tautan yang ada di aplikasi untuk menuju laman kebijakan privasi juga alamat yang sama.

“Aktor di balik aplikasi tersebut memang memanfaatkan kemudahan open source ini. Sehingga, korban yang lengah saat mendownload dan menginstall bisa terancam dalam bahaya,” tambah dia.

CPR mengungkapkan jika di handphone Anda ada salah satu aplikasi ini, dimohon untuk segera dihapus dari perangkat ponsel. Berikut daftarnya:

Cake VPN
Pacific VPN
eVPN
BeatPlayer
QR/Barcode Scanner MAX
Music Player
tooltipnatorlibrary
QRecorder
(mg1)

Share