Bukan Cuma dari Tanah Liat, Ini Keistimewaannya Kerajinan Gerabah Blitar

SERANGPOS – Tanah liat merupakan jenis tanah lunak yang kerap kita temui di banyak wilayah Indonesia. Tipikal tanahnya yang lentur, empuk dan fleksibel, membuat banyak orang memanfaatkannya sebagai sebuah kerajinan gerabah.

Seperti halnya yang dilakukan masyarakat di Dusun Precet Desa Plumpungrejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar. Geliat warga kampung dalam membuat kerajinan ini masih ramai, sebab pasarnya masih terbuka luas.

Salah satu penggerak Kerajinan Gerabah di Desa Plumpungrejo Muhammad Burhanudin menilai hal itu terjadi karena para perajin mengikuti tren permintaan pasar. Menurutnya, mulanya para perajin hanya fokus membuat alat memasak kini berkembang ke souvenir.

“Jadi sejak tahun 1995 para perajin juga sudah berinovasi yang tadinya hanya fokus membuat alat-alat masak seperti cobek, kuali, kini membuat gerabah untuk interior dan souvenir,” ujar Burhan kepada detikcom beberapa waktu saat Jelajah UMKM.

“Biasanya gerabah hanya dari tanah liat. Di sini kami campur dengan kaolin (clay) yang banyak di dapat di sini. Gerabah dengan campuran kaolin ini lebih kuat,” ungkapnya.

“Perbandingannya sekitar 3:2:1, tanah liat 3, tanah kaolin 2, 1 pasir dan airnya sekitar 40% dari campurannya. Kemudian prosesnya digiling 3-4 kali sampai halus lalu bisa langsung dibuat bermacam-macam bentuk gerabah,” jelas Burhan.

Lebih lanjut, dia menuturkan untuk omzet per tahun dari kerajinan yang dibuatnya ini pihaknya bisa meraup hingga ratusan juta rupiah. “Per tahun omzet bisa mencapai Rp 200 juta Rp 400 juta, belum bersih. Kalau bersih sekitar Rp 100-250 juta,” jelasnya.

“Jadi meningkat (100 persen). Soalnya kan booming tanaman hias itu, karena banyak (masyarakat yang tinggal) di rumah aja,” ungkapnya.

Diketahui, harga yang dipatok untuk Kerajinan Gerabahnya sangat terjangkau menyesuaikan ukiran dan kerumitan dari hasil kerajinan gerabah ini. Harga terendah itu berkisar Rp 5.000 – Rp 10.000 dan paling tinggi itu Rp 1 juta, ini biasanya berupa vas bunga atau guci sebagai hiasan di dalam rumah.(detikcom)

Share